Membuat animasi bendera dengan 3Ds Max

Membuat animasi bendera dengan 3Ds Max

Hallo Hunter, Pada kesempatan ini tutorial multidesain akan membagikan tentang animasi menggunakan 3Ds max, Animasi yang akan kita buat adalah animasi bendera memanfaaatkan fasilitas reaktor pada 3Ds max versi 2012 ke bawah. Jika menggunakan 3Ds max 2013 keatas sudah tidak menggunakan reactor lagi.
Pada pembuatan animasi menggunakan reactor merupakan pembuatan otomatis dari software, kita tinggal mengaturnya saja. Hasil dari animasi reactor di 3Ds max ini sangat realistis, karena reactor merupakan sebuat animasi simulasi. Namun tergantung juga kita mensetting objeknya sudah benar benar sesai atau belum, karena itu mempengaruhi hasil animasi itu sendiri.

Langkah langkah untuk membuat animasi ini dapat disimak sebagai berikut ini:

  1. Buat kotak dengan box, untuk kotak yang pertama sebagai lantainya dan kotak berikutnya sebagai penyangga tiangnya
  2. Buat tiang dengan menggunakan cylinder sesuaikan besarnya
  3. Buatlah kain bendera menggunakan plane
  4. Untuk mewarnai kain bendera kita menggunakan material editor
  5. Setelah terpilih plane masuk ke menu rendering > material editor (M)
  6. Namun sebelum kita berikan material editor terlebih dahulu planenya kita lakukan edit poly, pilih plane kliik kanan pilih Convert > Convert TO Editable Poly
  7. Pada panel kanan klik tombol rollout edit poly (vertex, edge, border, polygon dan element) pilih yang polygon
  8. Blok dan seleksi sebagian separuh plane bagian atas dan berikan ID di panel paling bawah masukkan angka kemudian enter, kemudian juga bagian plane yang bawah
  9. Aktifkan kembali material editor seperti langkah nomor 5
  10. Pilih tombol standart dan ganti dengan multi, kemudian double klik
  11. Hapus beberapa warna dan sisakan dua, ganti warna yang atas ber ID 1 dengan warna merah, dan cara yang sama untuk mewarnai yang putih
  12. Drag dan Drop lingkaran bulat dari material editor ke objek plane, Taraaa ... warna langsung berubahkah
  13. Berikan modifikasi reactor cloth pada plane

    Animasi Bendera Modifikasi Reactor
    Animasi Bendera Modifikasi Reactor
  14. Dan tambahkan Create Clote Collection pada panel reactor
    Animasi Bendera Create Clote Collection
    Animasi Bendera Create Clote Collection
  15. Dan pada kedua box dan cylinder berikan Rigid Body Collection
  16. Coba preview animasi tekan tombol seperti pada gambar
  17. Tambahkan Create Wind untuk memberikan aniamsi angin
  18. Atur property speed menjadi 300 supaya angin bertiup kencang
    Animasi Bendera Property Speed
    Animasi Bendera Property Speed
  19. Coba kembali preview animasi tekan tombol seperti pada gambar
    Animasi Bendera Preview Animasi
    Animasi Bendera Preview Animasi
  20. Jika sudah Ok, Create animastion supaya animasi dapat di play dari viewport
    Animasi Bendera Create Animasi
    Animasi Bendera Create Animasi
Demikian tadi tutorial kita kali ini, untuk kemajuan dan perkembangan blog ini kami harapkan kritik dan saran pada kolom komentar, klik Like dan Subscribe jika ingin melihat video video kami berikutnya. Jika kalian masih bingung mengikuti tutorial ini kalian dapat downlaod versi PDF-nya disini. Dan jika masih kesulitan ikuti tutorial videonya disini:


Jangan lupa komentar, Like dan Subscribe untuk membantu kami berkembang dan memberikan manfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp