Cara Memakai Component, Set Face Style, Membuat Animation dan Menyimpannya

Cara Memakai Component, Set Face Style, Membuat Animation dan Menyimpannya

Pada kesempatan kali ini Tutorialmulti Desain Indonesia akan membagikan tutorial masih tentang Google SketchUp yaitu mengenai Cara Memakai Component, Set Face Style, Membuat Animation dan Menyimpannya. Pada dasarnya ini merupakan tutorial basic bagi pemula, jadi tehnik yang digunakan juga cukup sederhana. Ok,kita simak tutorial berikut ini yaa
  • Bagaimana cara menggunakan Component pada Google SketchUp ? 

Tampilkan dahulu panel Default Tray seperti tutorial sebelunya, Setelah panel Default Traynya kita pilih pada panel component, saat setelah kita buka dengan klik component akan terdapat pilihan componen yan tersedia bawaan dari pertama kita menginstall, namun jika kita menginginkan component yang lain dapat langsung mendownloadnya di Google Wirehouse di panel terebut juga akan tetapi kita harus otomatis terkoneksi dengan internet. Untuk menggunakannya cukup gampang kita tinggal pilih salah satu component yang akan dipasang kemudian drag pada lembar kerja desain, kita dapat melakukannya berulang ulang untuk component yang lain dengan cara yang sama. Sedangkan untuk meletakkan pasa posisi yang akurat kita dapat memanfaatkan SNAP to objek.

Make Component
Make Component
  • Bagaimana cara mengatur tampilan supaya objek solid terlihat atau transparant dan tampilan yang lain untuk tampilan solid objek ? 

Pilih menu View > Edge Style (jika ingin setingan menghilangkan garis luarnya) unchek edges dan profiles. Namun jika ingin melihat tampilan dalam model transparan cheklist pada View > Face Style > X-Ray. Untuk tampilan yang lain pada Face Style dapat dipilih dan dilihat hasilnya untuk mengetahui perbedaan masing masing pilihan.

Edge Style
Edge Style
  • Bagaimana cara membuat animasi didalam Google SketchUp ? 

Untuk membuat animasi pada Gogle SketchUp kita harus mengaktifkan Panel Scane terlebih dahulu, setelah muncul panel scane pada default tray

panel scane
panel scane
kita bisa menambahkan scane dengan menekan tombol yang terdapat icon (+) plus, sebaliknya jika kita telah memiliki banyak scane dan tidak menginginkan sebagian dapat kita dapat menekan icon (-) minus. Scane awal kita telah buat setelah menekan tombol plus tersebut demikian juga jika ingin membuat scane – scane berikutnya. Gunakan update scane setelah merubah posisi view dan pastikan seluruh setting property tercheklist semua. Setelah membuat beberapa scane dan telah diatur viewnya untuk melihat hasil animationnya, klik menu view > animation > play. Kita dapat mengatur kecepatan animasi dimaikan dengan mensettingnya di menu view > animation > setting,

memainkan animasi
memainkan animasi
akan muncul kotak dialog Model Info , didalamnya terdapat Scane transitions pastikan telah tercheklist untuk memastikan animation berjalan dari scane satu ke scane berikutnya, durasinya dapat diatur pada angka yang dapat dibesar kecilkan per second atau detiknya. Animasi dapat delay atau berhenti sejenak jika atur dengan dimasukkan angka pada scane delaynya.
  • Bagaimana cara menyimpan hasil animasi ? 

Untuk menyimpan hasil animasi misalnya dengan bentuk video dapat berekstensi (.avi, .mp4, .webm, .ogv) atau dapat juga menyimpanya dalam bentuk image set atau imege squence gambar berurutan berekstensi (Jpeg, png, tif, bmp). Pilih menu file > export > animation.

simpan video
simpan video
Setelah muncul dialog window untuk menyimpan isikan pada Save In tempat folder kita hendak menyimpan file tersebut, setting format yang dipilih pada export type baik untuk menyimpan video ataupun image set. Klik export maka proses penyimpanan akan dimulai.

export animation
export animation
Demikian dulu untuk tutorial kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat dan jika masih kurang jelas tentang tutorial kali ini anda dapat menyimak tutorial videonya disini:


Terima Kasih atas kunjungan anda di tutorial multi desain indonesia, jika berkenan anda dapat bertanya,kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan tulisan tulisan kami selanjutnya. Dan tidak lupa anda dapat mengikuti update tutorial kami baik tulisan ataupun video dengan men- Subscribe !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp