Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp. 

Halluu, Mas, Mbak, Mbok, Mbah Bro yang mengikuti Tutorial Multi Desain, Masih membahas tentang Google SketchUp. Kali ini berbicara tentang Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp. Tutorial ini sederhana banget dan mudak dipahami, tapi ini memang untuk pemula. Jadi kalian bisa simak dan tulisan kali ini.

  • Bagaimana cara mengcopy objek pada Google SketchUp ? 

Untuk mengcopy objek setelah kita telah memilih objek yang hendak dicopy dapat dipilih menu Edit > Copy atau dengan shortcut (Ctrl+C), sedangkan untuk menampilkan hasil Copy-annya dapat menggunakan menu Edit > Paste atau dengan shortcut (Ctrl+V) itu merupakan cara standart yang dapat kita lakukan namun jika menginginkan cara yang lebih mudah dan praktis lagi dapat di gunakan Move Tool (M) dengan memindahkan objek yang akan dicopy disertai dengan menekan dan manahan tombol Ctrl saat memindahkan objek maka saat mause kita lepas objek telah otomatis tercopy .

mengcopy paste
mengcopy paste
  • Bagaimana cara mengcopy bidang yang sama lebih dari satu dan memiliki jarak yang sama antara bidangnya? 

Caranya dengan mengcopy menggunakan Move Tool atau Shortcut (M) kemudian lakukan copy seperti cara sebelumnya yaitu saat memindahkan objek sambil menekan Ctrl dan tahan, lepaskan setelah posisi bidang yang sudah pada tempatnya. Dan kemudian ini langkah yang penting yang dapat kita lakukan adalah dengan mengetikkan berapa jumlah bidang yang akan dibuat diantara sisi yang telah tercopy pada dimension, misalnya kita menambahkan 3 bidang dengan mengetikkan angka /3 dalam posisi bidang tersebut masih terpilih oleh Move Tool.

mengcopy duplikat move tool
mengcopy duplikat move tool

  • Bagaimana mengatur objek group pada masing masing layer ? 

Terlebih dahulu untuk memudahkan mengatur layer kita dapat memunculkannya pada Default Tray dengan menekan menu pada Window > Defaul Tray > Show Tray, maka panel default tray di kanan viewscreen akan tampil.

default tray icon
default tray icon
Pada Icon Plus (+) pada subtab layer digunakan untuk menambah layer yang ada, sedangkan minus (-) untuk menghapus layer,

menghapus layer
menghapus layer
sedangkan dikolom sub tab layer terdapat Name untuk memberikan nama untuk masing masing layernya dengan melakukan double klik pada leyer name tersebut, pada bagian Visible apabila tercentang objek yang terdapat pada layer tersebut tampil di layar, namun jika tidak tercentang daalam posisi hide atau sembunyi, sedangkan untuk mengatur masing – masing group pada layer sendiri sendiri supaya lebih mudah dapat diberikan warna yang berbeda-beda pada kolom Color. Penggunaanya apabila telah dibuat layer baru dan sudah di rename menjadi dinding misalnya pastikan kita telah memilih objeknya dan pada panel entity info terdapat layer, name, definition dan type, khusus pada yang terdapat pada layer dapat diatur dengan merubah option barnya menjadi dinding.

entity info
entity info
  • Bagaimana cara mengubah satuan unit yang digunakan, karena kita tahu bahwa kita sering menggunakan satuan CM ? 

Pilih dan klik Model Info yang terdapat pada toolbar standar, atau dapat dipilih menu Window > Model Info. Kotak Model Info akan tampil pada subtab terdapat option unit pilihlah menu tersebut dan kemudian pilih format satuan yangdigunakan ubahlah menggunakan CM, jika anda ingin mengatur settingan yang lain anda dapat memilih dari menu yang ada.

model info
model info

Semoga bermanfaat apa yang kita bagikan, jika merasa kesulitan untuk mengikuti tulisan yang sudah saya bagikan anda dapat mengikuti tutorial video yang kami bagikan ini:




Jika berkenan video dan tulisan ini, kalian dapat corat coret di kolom komentar, bertanya, kritik, mbuli dan saran. Saya akan lebih berterima kasih lagi jika kalian berlangganan dengan mensubscribe tulisan dan video yang telah saya buat. Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp