Setting Tampilan Google SketchUp, Menggunakan Offset dan Follow Me Tool.

Setting Tampilan Google SketchUp, Menggunakan Offset dan Follow Me Tool.

Hallo, Mas Bro, Mbak Bro dan Nitizen. Masih dalam Bulan Suci Ramadhan Saya berharap kita yang beragama muslim masih istiqomah menjalankan ibadah Puasa Ramadhan Yaa. Pada kesempatan ini kita akan berkita masih berbicara tentang Google SketchUp. Kita akan membahas mengenai Setting Tampilan, Menggunakan Offset Tool dan Follow Me Tool. Tidak usah banyak cakap lagi, kita simak aja nih tulisannya, hehe
  • Bagaimana cara cepat membesarkan mengecilkan tampilan pada Google SketchUp ? 

Untuk cara cepat dan mudah membesarkan dan mengecilkan tampilan kita cukup memutar scroll mouse kedepan untuk membesarkan dan kebelakang untuk mengecilkan. Namun jika ingin menggunakan tool yang terdapat pada toolbox kita dapat memilih menggunakan empat pilihan tool yang bisa digunakan yaitu : 
    1. Zoom dengan shortcut Z yaitu untuk membesarkan dan mengecilkan tampilan kamera, cara menggunakannya setelah tool ini terpilih tinggal menggeser kekanan atau kekiri dan kebawah atau keatas. 
    2. Zoom Window , tool ini berfungsi untuk menampilkan seluruh objek yang ada didalam tampilan window yang terseleksi. Untuk menggunakan tool ini setelah sudah dipilih blok objek yang ingin kita zoom dengan membuat kotak diarea yang ingin di zoom. 
    3. Zoom Extents , tool ini berfungsi untuk menampilkan zoom normal atau zoom standart yang memudahkan kita untuk melihat tampilkan. 
    4. Previouse merupakan tool untuk mengembalikan tampilan yang sebelumnya.
  • Bagaimana cara menggunakan Offset Tool ? 

Offset Tool merupakan tool untuk membuat mengcopy kurva dengan jarak tertentu. Untuk menggunakan tool ini aktifkan terlebih dahulu jika menggunakan shortcut tekan huruf F pada keyboard, kemudian pastikan anda telah memiliki objek yang hendak di copy kurvanya, klik dan drag pada salah satu sisi kurva tersebut tentukan jaraknya untuk jarak yang lebih akurat dapat dituliskan angka angka pada kolom dimensions.

Offset Tool
Offset Tool
  • Bagaimana cara menggunakan Follow Me Tool ? 

Follow Me Tool mempunyai fungsi yang hampir mirip dengan Push/Pull tool hanya saja perangkat ini dapat digunakan untuk mengekstruksi sebuah permukaan 2D ataupun 3D dalam satu arah objek acuan. Untuk menggunakan tool ini pastikan kita telah memilih tool tersebut dan objek dan acuannya telah ada, jadi sebelumnya kita telah membuat dua objek atau lebih, misalnya objek pertama sebagai bidang dasarnya dan kemudian objek yang berikutnya sebagai acuannya.

Follow Me Tool
Follow Me Tool
Demikian dulu untuk bagi bagi tutorial kalia ini, semoga bermanfaat khususnya untuk saya sendiri sebagai amal ibadah, dan umumnya untuk kalian sebagai pembaca sehingga bermanfaat untuk keilmuan kalian. Jika kita masih kesulitan dalam memahami tutorial kali ini, bolehlah kalian simak tutorial video kami yang berikut ini:



Jika Tulisan dan Video ini bermanfaat buat kalian tinggalkan komentar, kritik dan saran untuk tulisan tulisan selanjutnya menjadi lebih baik. Dan jangan lupa Subscribe video jika menginginkan video video terbaru dari kita yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp