Ini tentang Google SketchUp untuk memilih objek, mengukur push, mengroup objek dan move duplikat.

Ini tentang Google SketchUp untuk memilih objek, mengukur push, mengroup objek dan move duplikat. 

Hallo agan agan, sis, mas, mbak, mbah bro semua, kali ini tutorial multidesain masih membagikan tutorial tentang Google SketchUp, ini tentang Ini tentang Google SketchUp untuk memilih objek, mengukur push, mengroup objek dan move duplikat. Perkara tersebut memang cukup sederhana bagi yang sudah biasa menggunakan aplikasi ini, namun cukup membingungkan jika sebagai pemula. Ok Tidak usah banyak cakap lagi kita ikuti tutorial yang berikut ini.
  • Bagaimana cara memilih objek secara utuh pada Google SketchUp ? 

Saat memilih objek dengan select tool kadang kadang kita kesulitan untuk memilih objek yang telah berbentuk, jika ingin memilihnya kita tidak bisa hanya dengan satu kali klik pada salah satu bidang tersebut. Lalu yang dapat anda lalkukan seharusnya adalah memilih objek tersebut dengan tiga kali klik cepat secara langsung, sehingga objek dapat terpilih utuh keseluruhan. Untuk memudahnya lagi anda dapat melakukan group dan membaginya ke masing masing layer.

memilih objek
memilih objek
  • Bagaimana Cara Mengroup objek ?

Untuk melakukan group pada objek yang telah terpilih, kita bisa klik kanan pada objek tersebut dan memilih option Make Group. Nah saat objek yang telah di group ingin diedit yang dilakukan adalah dengan meng-klik kanan objek tersebut kemudian edit group atau dengan cara yang lebih cepat dengan mengkilik tiga kali dengan cepat maka kita telah masuk pada mode edit group tersebut, jika telah selesai dalam pengeditan supaya objek kembali dalam posisi tergroup kita tinggal klik luar kotak bidang yang tersebut.

make group
make group
  • Bagaimana mengukur hasil pull/push dengan tinggi yang sama pada Google SketchUp ? 

Pada saat membuat project menggunakan denah, kita telah membuat salah satu dinding dan dilanjutkan dengan membuat dinding yang lain untuk membuat dinding yang sama tingginya saat kita Push/Pull dinding yang akan dibuat posisikan tinggi dinding itu sama kita dapat mengukur ketinggian dinding yang dibuat tersebut pada ketinggian dinding yang dibuat sebelumnya dengan mendrag ketinggi objek yang dijadikan patokan yaitu dinding yang pertama dibuat tersebut.

mengukur push/pull tool
mengukur push/pull tool

  • Bagaimana cara menggunakan Move Tool pada Google SketchUp ? 

Saat akan menggunakannya pastikan anda telah memilih Move Tool terlebih dahulu, jika ingin menggunakan shortcut dapat menekan huruf M. Setelah aktif tool tersebut kita dekatkan mouse pada objek yang akan dipindah lalu geser sesuai dengan keinginan anda memmindahnya, manfaatkan snap untuk mendapatkan hasil pindahan objek yang akaurat sesuai dengan posisi acuan objek yang lain.

duplikat move tool
duplikat move tool
 Cukup demikian dulu untuk tutorial kali ini, kita berharap semoga bermanfaat baik khususnya untuk saya sebagai amal jariah dan umumnya untuk kalian semua sebagai tambahan ilmu. Jika masih dirasa kurang jelas dari tutorial tulisan yang kita buat, bro bro dapat simak tutorial video kami ini:


 Jika cukup berkenan dan terbantu dari tutorial yang kita bagikan, anda dapat bertanya, kritik dan saran di kolom komentar. Jika tidak keberatan dan terbantu dari tutorial video kami kalian dapat mensubscribe video dan tulisan ini untuk mendapatkan updatetan terbaru materi kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp