Ini Bagaimana Cara Setting Shortcut, Menggunakan Scale ,Material, dan tampilan Styles

Ini Bagaimana Cara Setting Shortcut, Menggunakan Scale ,Material, dan tampilan Styles 

Hallow, Mas, Mbak, Mbah, Mak dan Mbah Bro. Masih membahas tentang Google SketchUp nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Ini Bagaimana Cara Setting Shortcut, Menggunakan Scale ,Material, dan tampilan Styles. Ok tidak perlu panjang lebar lagi untuk langsung saja kita simak tutorial berikut ini.
  • Bagaimana cara mengatur atau setting shorcut pada Google SketchUp ? Mengapa Perlu diatur ? 

Pengaturan Shortcut berfungsi untuk memudahkan kita dalam menggunakan tool dengan cepat. Menampilkan option setting shortcut dapat dimulai dengan memilih menu Window > Preference. Setelah terpilih option Preference, Kotak System Preferensce akan tampil dan pilihlah option Shortcut pada kolom function dan pada kelom berikutnya kita dapat memilih tool apa yang akan dibuatkan shortcutnya. Sebagai contoh misalnya kita akan membuat shortcut baru untuk tool Follow Me dengan mencari dan pilih fungsi tool tersebut pada kolom function, setelah ditemukan letakkan kursor pada kotak input Add Shortcut kita dapat menggunakan sortcut yang belum digunakan oleh tool yang lain, seperti kita tahu jika kita menggunakan karakter huruf F maka itu sudah digunakan sebagai shortcut Offset Tool untuk itu pada kolom input teks tersebut supaya berbeda kita dapat kombinasikan dengan menambah Ctrl sehingga shortcut yang digunakan untuk tool ini adalah Ctrl+F tekan tombol plus (+) pada kanan input teks, secara otomatis kombinasi karakter yang dimasukkan tadi telah masuk pada Assigned dan telah dapata digunakan dalam bekerja.

Setting Preference
Setting Preference
  • Bagaimana cara menggunakan scale tool ? 

Menggunakan scale tool dapat dilakukan setelah kita telah memilih tool tersebut pada toolbox di sebelah kiri tampilan namun dapat juga jika menggunakan shortcut S. Gunakan dengan memilih objek yang hendak dibesarkan atau sebaliknya dikecilkan, drag salah satu dari beberapa titik point jika dikombinasikan dengan menekan dan manahan Ctrl maka gerakan membesar mengecilnya dimulai dari titik tengah namun jika dikombinasikan dengan menekan dan menahan Shift maka gerakan membesar mengecilnya dimulai dari titik samping.

Scale Tool
Scale Tool
  • Bagaimana memberikan material pada desain yang dibuat ? 

Sebelum memberikan material kita dapat memunculkan Icon Traynya terlebih dahlu jika panel Icon Traynya belum tampil, dengan memilih menu Window > Default Tray > Show Tray.

Show Tray
Show Tray
Setelah muncul klik pada panel Material, terdapat beberapa macam material bawaan saat pertama kali kita menginstall aplikasi ini yang dapat dipilih dan drag ke dalam objek desain yang kita buat menggunakan Paint Bucket Tool. Namun jika kita ingin menginginkan lebih banyak kita dapat mendownload material dari internet atau menggunakan gambar gambar sendiri. Jadi untuk menggunakannya kita harus mengaktifkan terlebih dahulu tool tersebut dan kemudian dapat pula menggunakan shortcut B, aplikasikan dengan mengklik bagian pada desain yang kita buat.

Default Tray
Default Tray
  • Untuk apakah style pada sketchup ? 

Style pada sketchup digunakan untuk menampilkan bentuk tampilan yang berbeda disetiap pada setiap pilihan tampilan yang terpilih dan kita dapat menggunakan beberapa tampilan sekaligus jika menginginkan.

Type Style
Type Style
 Ok, cukup demikian dulu untuk tutorial kali ini, jika merasa masih kurang jelas dari tutorial tulisan yang saya buat, kalian dapat melihat tutorial video akami di sini :



Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat apa yang saya bagiakan ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar boleh bertanya, kritik dan sarannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp