Cara Mudah Menggunakan Push/Pull dan Line pada Google SketchUp

Cara Mudah Menggunakan Push/Pull dan Line pada Google SketchUp 

Hallo agan agan, mas bro, mbak bro dan penggila - penggila Google SketchUp. Hari ini kita bertepatan dengan hari peringatan Reformasi, kita ikuti semangat reformasi ini kawan kawan. Semangat untuk belajar Google SketchUp. Kita masih membahas tentang Google SketchUp ya! Kali ini kita anak membahas bagaimana menggunakan Push/Pull Tool dan Line Tool, sudah pahamkah kalian cara mengunakannya? Jika sudah paham maka ada pepatah bilang jawa bilang "Tunggal Bopo Ojo Ngodo, Tunggul Guru Ojo Nganggu" hehe ...
  • Bagaimana cara menggunakan Push/Pull Tool pada Google SketchUp ? 

Untuk menggunakan tool ini kita sebelumnya harus dipastikan telah membuat atau memiliki objek yang hendak di pull/push terlebih dahulu, jika belum membuatnya anda dapat membuat terlebih dahulu misalnya, membuat kotak atau rectangle dengan mengaktifkan rectangle tool atau pencet shortcut R pada keyboard, lalu klik point awal dan drag ukuran besar kotak tersebut atau jika menginginkan besar yang ukurannya akurat dapat diketikkan angka sebesar yang anda mau, diakhiri dengan enter. Setelah jadi objek 2D tersebut dilanjutkan kita memilih tool Push/Pull Tool pada toolbox atau ketikkan shortcut P pada keyboard lalu kemudian arahkan mouse pada bidang yang hendak di Push, klik dan tarik ketinggian dan jika menginginkan ketinggian yang akurat dapat diketikkan angka pada dimensions di pojok kanan bawah, lalu enter untuk mengakhirinya. Dan objek rectangle atau kotak tadi menjadi bangun kubus yang solid.

  • Bagaimana cara menggunakan Line tool ? 

Pilih line tool atau jika menggunakan shortcut dapat ditekan pada keyboard huruf L supaya tool tersebut aktif dan dapat kita gunakan, untuk menggunakannya klikkan pada point awal anda memulai membuat line atau garis tersebut, berikutnya disesuaikan dengan kebutuhan anda ingin membuat bentuk apa pada line tersebut. Untuk mendapatkan SNAP dari salah satu axis misalnya axis Z dengan sumbu yang berwarna biru, axis x dengan sumbu warna warna merah dan Y dengan sumbu warna hijau anda dapat menekan Shift. SketchUp dapat snapping dengan garis dan titik point serta sumbu untuk mempermudah pengguna dalam berkerja.


Mungkin cukup sekian duloou ya tutorial kali ini, semoga bermanfaat pada kalian dan saya sendiri sebagai amal ibadah saya. Jika Kalian masih kebingungan atau susah untuk mengikuti tutorial yang kita tulis ini kalian bisa simak dah video tutorialnya di bawah ini yaa 
Jika Tutorial ini bermanffat untuk kalian, kita mohon saran dan kritiknya yaa, Dan Kalian dapat Subscribe Videonya, untuk mendapatkan video video baru yang lebih menarik lagi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini loh Cara Copy Paste, Duplikat, dan Setting Layer di Google SketchUp.

Edit poly objek pada 3Ds Max

Seputar Pertanyaan Sederhana Menggunakan Google SketchUp